Thursday, September 19, 2024
spot_img
HomeKegiatanTraining "Migran Aman dan Digital Ekonomi Inklusif Indonesia"

Training “Migran Aman dan Digital Ekonomi Inklusif Indonesia”

Peningkatan  penetrasi  internet di Indonesia  memberikan  peluang  bagi  para  buruh migran  untuk mengakses pembelajaran online, memperoleh keterampilan teknologi, dan bahkan terlibat dalam pekerjaan secara digital. Data “We Are Social” di tahun 2024 menjelaskan bahwa penetrasi pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 66,5%, dimana terdapat 185,3 juta jiwa pengguna internet dari total 278,7 juta jiwa penduduk Indonesia. Hal ini tentu berpeluang menciptakan sebuah terobosan positif yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna internet, dalam hal ini khususnya adalah buruh migran dan masyarakat di wilayah timur Indonesia dalam meningkatkan keterampilan mereka di ranah digital.

training Made in Indonesia, Migran Aman Digital Ekonomi Inklusif Indonesia

Pemerintah  Indonesia  telah  memberikan  perhatian  serius  terhadap  literasi  digital melalui berbagai program. Langkah-langkah ini mencakup pelatihan keterampilan teknologi, program literasi digital, dan akses lebih lanjut ke sumber daya online. Namun, meskipun terdapat upaya positif, tantangan masih ditemukan, diantaranya adalah memastikan bahwa manfaat dari kemajuan teknologi ini mencapai semua lapisan masyarakat, khususnya terhadap peningkatan kesejahteraan kehidupan buruh migran dan  masyarakat  di wilayah  timur  Indonesia.  Oleh  karena  itu,  diperlukan  upaya tambahan dalam memberikan dukungan secara kontekstual dan khusus kepada buruh migran dan masyarakat di wilayah timur Indonesia untuk mengoptimalkan potensi yang ditawarkan oleh dunia digital. Melalui langkah-langkah ini, harapannya kedua subjek intervensi dalam program ini tidak hanya menjadi penonton dalam hiruk pikuk perkembangan teknologi, namun juga pelaku utama  yang berdaya saing.

Workshop MADE IN INDONESIA (Migran Aman dan Digital Ekonomi INklusif Indonesia)” kerjasama dari Internet Society Foundation, ICT Watch, Migrant Care.

kelas kebebasan berekspresi kaum muda
di sela sela Training, ICT Watch, ditemani Kadiskominfo Kab Wonosobo, beraudiensi dengan Bupati Wonosobo

training ini bertujuan

Memberikan  edukasi  terkait  4  pilar  literasi digital kepada masyarakat   Desa

Peduli Buruh Migran (DESBUMI), khususnya di wilayah binaan Migrant Care

●    Meningkatkan   pemahaman   dan   kapasitas   masyarakat   DESBUMI   terkait keamanan digital

●    Mendorong masyarakat DESBUMI untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam peningkatan ekonomi

●   Memberikan  edukasi  kepada  masyarakat  desbumi  tentang  berekspresi  dan membuat konten di dunia digital

pembukaan seminar Women Talkabout Digital Parenting

Training ini dilaksanakan di Hotel Dafam Wonosobo, pada hari Senin-Selasa 15-16 Juli 2024, seminar “Women Talk About Digital Parenting” bertempat di Pendopo Kantor Bupati Wonosobo, pada tanggal 17 Juli 2024, kemudian dilanjutkan dengan Nonton Bareng film dengan judul “Harta, Tahta, Data,” bertempat di Aula Kantor desa Gondang, kec Watumalang, di hadiri perwakilan anggota Desbumi 10 desa, dan masyarakat sekitar.

Non Bar Harta Tahta Data
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

× Hubungi Kami