Kegiatan

Assesmen Perluasan Wilayah Desbumi

Kegiatan awal perluasan wilayah dilakukan dengan assesmen ke beberapa desa potensial selama 2 hari yakni 25 dan 26 januari 2023.   Ada 4 desa yang kita kunjungi yaknu ds. Bejiarum dan Bojari Kec. Kertek, ds. Manggis Kec. Leksono dan ds. Sukoharjo Kec. Sukoharho. Selain ds. Sukoharjo, 3 desa  itu kita bertemu dengan kepala desa, sedangkan ds. Sukoharjo kita ditemui oleh sekdes.  

Semua Pemdes responnya sangat baik dan mendukung untuk dilakukan perluasan di desanya.   Kriteria untuk melakukan perluasan wilayah Desbumi sbb : Menjadi kantong PMI, minimal ada 100 orang purna migran dalam 1 desa. Yang masuk kriteria ini : Bojasari, Manggis dan Sukoharjo Jumlah PMI yang masih aktif di luar negeri masih banyak. Bojasari dalam 1 dusun ada ± 50 orang PMI yang masih aktif bekerja di luar negeri kemudian Sukoharjo ada 38 orang yang masih aktif di luar negeri.

Kebijakan desa tentang perlindungan PMI belum optimal. Masih sebatas ijin suami/istri/orangtua dengan mengetahui kepala desa dan belum terdokumentasi dengan baik. Pada saat ke desa harus bersama dengan PT yang akan memberangkatkan. Belum ada kegiatan desa tentang PMI dan keluarganya. Tidak ada pemantauan PMI yang ada di luar negeri. Untuk data final baik yang purna maupun yang aktif akan disampaikan pada kunjungan assesmen berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us