Pelatihan Enumerator, Survey Perlindungan Sosial dan Kondisi Ekonomi PMI

Penempatan Pekerja Migran Indonesia berdasarkan kab/kota di Indonesia, Wonosobo menduduki urutan ke 7 di Jawa Tengah dengan jumlah penempatan sebelum pandemi yakni tahun 2018 sebesar 2.440 dan tahun 2019 sebesar 2.203. Sedangkan pada saat pandemi tahun 2020 sebesar 1.180 dan tahun 2021 per bulan Maret sebesar 267.

Pelatihan Enumerator

Kondisi pandemi saat itu memang sangat berdampak bagi pekerja migran kita, hal ini dapat dilihat dari jumlah penempatan pekerja migran kita yang menurun dibanding sebelum pandemi. Usaha ekonomi produktif yang dikembangkan pekerja migran kita juga mengalami kemunduran, mulai dari susahnya bahan baku, produksi menurun bahkan pemasarannya pun juga mengalami penurunan. Kondisi demikian kalau tidak disikapi dan direspon segera oleh pemerintah akan mengakibatkan keterpurukan ekonomi khususnya pekerja migran kita.

Pembangunan kesejahteraan sosial di Indonesia sesungguhnya mengacu pada konsep negara kesejahteraan dimana dalam pasal 28H ayat (3) UUD 1945 menyebutkan bahwa “Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat” Serta pada pasal 34 ayat (2) yang menyebutkan bahwa “Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah  dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan”

Dalam pelatihan ini peserta yang hadir adalah enumerator yang telah di seleksi dan dipilih dari anggota kelompok Pekerja Migran ataupun anggota keluarganya, dengan maksud memberikan ketrampilan dan bekal untuk melakukan survey di 7 desa di 4 kecamatan yang ada di kab Wonosobo. kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari untuk enumerator kondisi sosial dan 3 hari untuk potensi ekonomi, dengan jumlah peserta keseluruhan 40 orang dengan fasilitator dari MigrantCARE Jakarta.

Proses kegiatan ini diawali dengan mengunduh aplikasi kobocolect yang nantinya akan digunakan untuk melakukan survey di lapangan, dimana instrumen survey telah di tetapkan.

peserta pelatihan melakukan simulasi wawancara, pada pelatihan Enumerator Potensi ekonomi dan sosial PMI

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 27-31 Juli 2022 di meeting room Harvest hotel Wonosobo. Survey ini akan melihat kondisi Sosial dan Potensi Ekonomi yang dijalankan oleh Pekerja Migran setelah tidak lagi bekerja di luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us

Update Informasi Vaksin Covid 19 klik
+