Loka Karya Simultan Mitra Inklusi-Migrant CARE

Latar Belakang

Sejak tanggal 21 Maret 2022, Migrant CARE telah menjadi mitra INKLUSI (Kemitraan Australia- Indonesia menuju Masyarakat Inklusif) dengan fokus pada pilar ekonomi khususnya ketenagakerjaan dan mata pencaharian, akses pada layanan dan pemulihan ekonomi. Pada tahun pertama, Migrant CARE mendorong bertajuk “Memperkuat komunitas perempuan pekerja migran Indonesia untuk memperoleh manfaat yang adil, aman dan produktif dari pekerjaan dan penghidupan di era pemulihan ekonomi Indonesia pada masa pandemi COVID-19”, Migrant CARE bersama mitra wilayahnya di Indramayu (Jawa Barat), Wonosobo dan Kebumen (Jawa Tengah), Jember dan Banyuwangi (Jawa Timur), Lombok Tengah (Nusa Tenggara Barat) dan Lembata (Nusa Tenggara Timur). Inisiatif ini berfokus pada pemulihan ekonomi dan akses perlindungan sosial pada masa pandemi COVID-19 di komunitas pekerja migran, peningkatan kapasitas institusi dan pelaksana program serta penyusunan desain program multi-year.

Untuk mencapai tujuan program tahun pertama dirancang beberapa aktivitas seperti pendataan mobilitas pekerja migran dan akses pelindungan sosial di masa pandemi, pendataan potensi pengembangan ekonomi purna migran, pelatihan peningkatan kualitas produk ekonomi purna migran, pelatihan pengelolaan keuangan pelaku ekonomi purna migran dan peningkatan kapasitas staf keuangan untuk mendukung terselenggaranya program INKLUSI.

peserta mengutarakan masukan terhadap program

Untuk mempersiapkan rangkaian aktivitas tersebut diperlukan adanya instrumen pendataan, modul pelatihan dan kesiapan dan kapasitas staf keuangan. Oleh karena itu, Migrant CARE merencanakan sebuah lokakarya simultan untuk mematangkan dan menfinalisasi instrumen pendataan dan modul pelatihan serta melakukan training untuk staf keuangan mitra wilayah. Lokakarya simultan ini juga dimaksudkan untuk mengkonsolidasikan kesiapan Migrant CARE dan mitra wilayah untuk secara serentak menyelenggarakan kegiatan pendataan dan pelatihan.

Tujuan Kegiatan

Kegiatan Lokakarya Simultan ini bertujuan untuk:

1.  Menyusun dan memfinalisasi instrumen pendataan

2.  Menyusun dan memfinalisasi modul pelatihan

3.  Menyusun rencana kerja dan lini waktu pendataan dan pelatihan

4.  Meningkatkan kapasitas staf keuangan mitra wilayah dalam mengimplementasikan SOP Keuangan, menyusun laporan keuangan serta mensosialisasikan Guideline INKLUSI dan dapat menerapkan selama pelaksanaan Program INKLUSI.

Pelaksanaan Kegiatan

Untuk mencapai tujuan tersebut, lokakarya simultan ini dilaksanakan dengan metode pendidikan orang dewasa yang partisipatoris dan inklusif. Bahan-bahan lokakarya seperti draft instrumen pendataan, draft modul pelatihan dan materi training keuangan telah disiapkan oleh Migrant CARE.

Kegiatan ini akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal              : Kamis-Rabu/2-9 Juni 2022 (termasuk kedatangan dan kepulangan)

T e m p a t                  : Hotel Lor In Jl. Adisutjipto No.4, Blulukan , Kec. Colomadu Kab. Karanganyar – Surakarta Jawa Tengah, 57174

A g e n d a                 : Pembuatan Instrumen Pendataan situasi Pekerja Migran di Masa Pandemi, pembahasan modul pelatihan pengembangan ekonomi komunitas Purna MIgran, peningkatan Kapasitas staff keuangan Mitra

Kegiatan ini akan diikuti oleh pelaksana program pendataan dan pelatihan serta staf keuangan Migrant CARE Cabang dan mitra wilayah, menghadirkan narasumber yang relevan serta mengundang peninjau (observer) dari INKLUSI (partner fasilitator dan grant officer).

Penanggung jawab dan Pelaksana Kegiatan

Penanggungjawab kegiatan ini adalah Wahyu Susilo (Direktur Eksekutif Migrant CARE), pelaksana kegiatan adalah Mulyadi (substansi dan materi) dan Twenty Aprilia (logistik dan akomodasi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us

Update Informasi Vaksin Covid 19 klik
+