Lounching Program INKLUSI

semenjak tahun 2013 hingga berakhir 2020, Program MAMPU yang telah dijalan kan di beberapa daerah di Indonesia telah berakhir, salah satu wilayah yang menjadi konsen adalah Kab. Wonosobo. Program MAMPU telah membawa banyak perubahan khususnya bagi Pekerja Migran di wilayah KAb. Wonosobo. Mulai pengorganisasian hingga pada peningkatan kesejahteraan hidup PMI dan anggota keluarganya melalui peningkatan pendapatan usaha. 7 kelompok UMKM telah terbentuk di 5 Kecamatan di Yakni MUIWO, desa Lipursari Kec. Leksono, MBM desa Mergosari, Kec Sukuharjo, Bumi Sejati, desa Rogojati kec, Sukoharjo, BKM desa Kuripan Kec. Watumalang, BBA desa Gondang Kec Watumalang, Bumi Adikusuma desa Ngadikusuman kec. Kerek, dan Bumi Sindu desa SIndupaten Kec. Kertek.

munculnya Pandemi Covid19 tak pelak membawa efek yang besar bagi perekonomian secara global, tidak luput bagi Indonesia sendiri, praktis segala ranah kegiatan merasakan imbasnya. dan paling terasa adalah kelompok kelompok dimana produk kerajinan mereka menjadi salah satu tumpuan hidup menjadi goyah.

jeda waktu kekosongan dan pandemi tidak mematahkan semangat anggota kelompok UMKM Pekerja migran di KAb Wonosobo. peluang untuk bertahan dan melindungi dari terjangan Pandemi covid 19, menumbuhkan kembali semangat berjuang mereka. Mulai dari adanya pancingan oleh pemerintah dengan membuat masker untuk mereduksi penyebaran virus hingga bantuan BLT covid, mendorong kelompok bertahan untuk tetap terjaga dan eksis.

mode bertahan dalam badai Pandemi Covid 19 inilah yang menyemangati para anggota kelompok untuk tidak patah arang dalam menghadapi situasi yang serba tidak menentu.

melihat hal tersebut SARI dan Migran CARE berusaha untuk berbuat dan mencoba mencari celah agar kelompok UMKM yang telah terbentuk ini tidak lepas dan tetap berusaha untuk meingkatkan kesejahteraan mereka dan anggota keluarganya. Tidak hanya pada produk hukum sebagai salah satu payung yang melindungi mereka namun akses pada kebutuhan pasar sangat diperlukan.

oleh karena itu pada 2022 ini setelah melalui diskusi dan pergulatan yang keras, Program INKLUSI hadir menyapa UMKM di kab Wonosob, dengan harapan, PMI di Wonosobo makin solid, cakap, meningkat pemahamannya tentang semua hal baik secara ekonomi, penanganan kasus, serta peningkatan kesejahteraan.

tanggal 13 April 2022 menjadi tonggak utama dimulainya program INKLUSI di kab Wonosobo. (TW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Contact Us

Update Informasi Vaksin Covid 19 klik
+